28 Nov 2011
GT 86, Mobil Sport Sejati dari Toyota
TOYOTA berencana menampilkan secara resmi mobil sport GT 86 mereka di Tokyo Motor Show. Mobil sport ini merupakan hasil kerjasama Toyota dengan Subaru dalam hal desain dan engineering.
Mobil sport kompak 2+2 merupakan portofolio penting dari produsen mobil terbesar dunia dalam upaya meningkatkan reputasinya dalam menciptakan kendaraan dengan handling prima, lewat penempatan titik pusat grafitasi yang rendah serta rasio tenaga dan bobot yang baik.
Toyota GT 86 hadir dengan sosok berdimensi panjang 4.240 mm, lebar 2.570 mm dan tinggi 1.285 mm yang menjadikannya sebagai mobil sport empat tempat duduk yang paling kompak saat ini. Posisi berkendaranya sengaja dibuat sangat rendah yaitu hanya 475 mm.
Selain itu, posisi berkendaranya juga dibuat sejauh mungkin ke belakang untuk mencapai distribusi bobot depan-belakang dengan rasio 53:47 untuk meningkatkan kenikmatan berkendara dan kemampuan manuvernya.
Mesin 2.0 flat four di bagian depan yang dipasok oleh Subaru ini memiliki sistem penggerak roda belakang. Mesin horisontal berkonfigurasi silinder saling berseberangan tersebut memiliki rasio kompresi 12,5:1.
Sistem pasokan bakarnya menganut model separate twin injectors yang berperan sebagai port injection sekaligus sebagai direct injection, sementara sistem transmisinya menggunakan jenis manual 6-speed atau otomatis 6-speed.
Transmisi manualnya menawarkan kecepatan perpindahan gigi melalui sentuhan ringan pada tuas persnelingnya, sementara transmisi otomatisnya menawarkan mode manual yang perpindahan giginya dapat dikontrol lewat paddle shift yang dipasang di roda kemudi.
Sebelum dilempar ke roda belakang, putaran mesin terlebih dahulu disalurkan pada perangkat limited slip differential untuk dapat menyajikan daya cengkram roda yang lebih baik dalam berbagai kondisi pengendaraan.
Fitur rem ABS dan sistem stabilitas kendaraan telah disetel sedemikian rupa untuk menyajikan kestabilan dinamis pada batas kemampuan kendaraan dengan intervensi perangkat elektronik minimal guna membantu menjaga kemurnian pengalaman mengemudi.
Toyota GT 86 ini akan dijual di Inggris pada pertengahan 2012 dengan harga di bawah 30.000 Poundsterling (sekitar Rp429 juta). GT 86 akan diluncurkan sebagai satu-satunya di dunia saat ini (bersama Subaru tentunya), sebagai kendaraan bermesin boxer di depan berpenggerak roda belakang.
Sebelumnya, Toyota pernah memiliki kendaraan sejenis yang dikembangkan mulai tahun 1962 lewat Toyota Sport 800 bermesin boxer dua silinder. Sejak saat itu, Toyota telah membangun sejarah panjang dalam memproduksi mobil sport dengan format mesin depan berpenggerak roda belakang yang dikenal sukses di ajang kompetisi.
PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal memasukkan Toyota 86 ke Indonesia pada pertengahan tahun 2012. Hal ini diungkapkan Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Senin (28/11) via Short Message Service (SMS).
"Ya, kami akan memasukkan Toyota 86 ke Indonesia pada pertengahan tahun depan (2012)," ungkap Johnny ketika ditanya apakah TAM akan memasukkan Toyota 86 ke Indonesia dan kapan waktunya.
TMC ternyata tidak memberi kendaraan ini dengan nama yang sama seperti mobil konsepnya, Toyota FT-86. Nama mobil ini sederhana yakni 86 atau Hachi-roku di Jepang. Tidak ada embel-embel FT di depan namanya tersebut. Mobil ini di Eropa akan dinamai GT86. Penamaan ini mengacu pada mobil sport AE86 yang beredar di tahun 1980-an.
Mobil yang dipamerkan di sirkuit Fuji Speedway di kaki Gunung Fuji, ini dikembangkan bersama dengan Fuji Heavy Industries Ltd atau Subaru. Subaru akan menggunakan nama BRZ.
Kedua mobil ini akan tersedia di dealer pada musim semi mendatang. Ini adalah mobil pertama yang menggunakan mesin horizontally opposed boxer (khas Subaru) yang digabungkan dengan D-4S direct injection technology ala Toyota.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar